Trip to Prague, Czech Republic

Prague atau Praha dikenal sebagai kota yang paling cantik di Eropa. Letaknya di Eropa timur ini adalah ibu kota sekaligus kota terbesar di Republik Ceko. Kota Praha dibelah oleh sungai Vitava yang kemudian untuk menghubungkan dengan wilayah sebrangnya, terdapat beberapa jembatan. Salah satu jembatan yang terkenal adalah Karluv Most atau Charles Bridge. Kota ini emang terbilang antik sih, ga seperti Jerman yang mungkin sudah banyak berubah menjadi lebih modern. Di Praha berjejer banyak bangunan tua yang cantik, jadi wajar ada yang bilang kalau mau liat Eropa cukup ke Praha hehe. Meskipun biaya hidup disana lebih kecil dari kebanyakan negara di Eropa, tapi yakin nih Praha bakal berkembang jadi negara yang terus meningkatkan kualitasnya.

Kota Praha

Destinasi tempat yang kami kunjungi selama 2 hari semalam di Praha adalah National Memorial on Vitkov, Old Town Square, Astronomical Clock, Charles Bridge, Petrin Tower, dan beberapa Sinagog tertua. Rute itu bergerak dari timur Praha menuju ke barat, berhubung hostel tempat kami menginap letaknya di sebrang sungai Vitava. Dijamin sih walaupun niat cuma datengin tempat-tempat itu, sepanjang jalan menuju lokasi yang dituju kita udah bisa nikmatin suasana kota yang masih cukup asri dengan bangunan-bangunan antiknya. Mungkin kalau udah jadi artis rasanya mau langsung bikin video klip disana *lah.

Old Town Square

Bangunan di sekeliling Old Town Square

Astronomical Clock di Old Town Square
Charles Bridge
Pemandangan dari Charles Bridge

Petrin Tower
Salah satu Sinagog di Praha

Tdrnelik dengan ice cream, (makanan khas Praha)

Metro di Kota Praha
Selain mengandalkan itinerary yang udah dibuat, sepanjang disana kami roaming internet jadinya masih sering akses google maps. Catetan nya adalah apa yang saya liat di google maps sewaktu buat itinerary dengan realitanya ternyata suka ga pas. Mungkin karena kota ini ga terlalu besar, jadi banyak jalanan yang bercabang sehingga suka sulit nerka jalan mana yang benar. Maka dari itu mesti akses google maps meskipun udah ngantongin itinerary. Di beberapa tempat ada wifi yang bisa dijangkau dan juga banyak orang disana yang bisa berbahasa inggris, jadinya jangan takut untuk bertanya kalau bingung :)

itinerary Praha
Hal pertama yang kami lakuin setelah sampai di Praha Florenc (tempat turun bis), kami ke tempat semacam informasi untuk turis. Ga jauh dari tempat bis turun. Kami tanya soal tempat penukaran uang, dan beli tiket transportasi. Money Changer bisa kita temuin di lantai bawahnya, dan mudah untuk ditemuin. Sedangkan day ticket untuk seluruh transportasi di Praha bisa dibeli disana. Bisa beli dengan Euro atau Kc (mata uang Praha). Untuk 2 orang kena biaya sekitar 9 Euro. Day ticket itu berlaku 24 jam semenjak kami tag tiket di transportasi pertama. Karena kami baru sampai Praha sekitar jam 2 siang dan pulang ke Chemnitz di waktu yang sama, jdi kami cukup beli tiket 1 hari aja, ga perlu 2 days ticket
Tiket Transportasi (prague-guide.co.uk)
Untuk pengunjung muslim, makanan yang bisa dibeli disana pastinya sama dengan negara-negara Eropa lainnya, Kebab! Haha.. tapi jangan lupa pastiin ada tulisan halal nya ya meskipun itu kebab atau doner belum tentu dagingnya halal. Masjid juga ada, bisa di tanya ke penjual kebab insyaaAllah nanti diarahkan ke Masjid terdekat. Satu yang kami temuin ada di belakang tempat kebab. Alhamdulillah.

Masjid di Praha
Ada satu kejadian tentang hostel yang kami booking, kami kira awalnya mereka ambil biaya penginapan melalui kartu kredit karena memang tertulis seperti itu saat memesan online. Ternyata saat kami baru sampai disana sekitar pukul 8 malam, resepsionis nya bilang kami ga bisa pakai kartu kredit karena sudah malam. Kalau siang masih bisa katanya. Kami agak bingung juga sih kenapa karena soal siang dan malam aja.. ditambah kami juga tidak menukar uang untuk biaya penginapan, alhasil kami keluar lagi cari Change atau tempat penukaran uang. Money Changer cukup banyak disana, tapi lebih banyak di daerah kota Praha nya dan tutup diatas jam 10 malam. Alhamdulillah, kami masih dapat rezeki berlindung di bawah atap malam itu. Hehe.

Secara keseluruhan, Praha itu kota yang bagus banget untuk dikunjungin. Banyak turis juga disana. Yaa meskipun yang saya liat ga sampai 7 orang yang berhijab selama perjalanan, Hehe.. ini jadi kebiasaan saya sih kalau pergi kemana-mana trus liat yang berhijab jdi seneng sendiri :’) *jadi curhat. Haha.. Terima kasih sudah baca tulisan kamii.. Semoga yang punya niat tafakur alam kesana, segera Allah ijabah :)